deklarasi Calon Presiden (Capres) 2024 di Tower NasDem, Jakarta, Senin (3/10/2022). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menyebut Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bakal mendeklarasikan capres-cawapres yang diusung di Pilpres 2024 pada Juli mendatang.

Willy mengatakan saat ini Tim Delapan yang terdiri dari NasDem, Demokrat dan PKS masih menggodok cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan.

“Insya Allah nanti Juli pertengahan kita akan buat perhelatan kepada publik, deklarasi paslon,” kata Willy ketika dikonfirmasi, Kamis (8/4/2023).

Willy juga tidak menampik kabar mengenai lima nama yang tengah disaring oleh Tim Delapan untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024.

Akan tetapi, tidak menutup kans bagi sosok di luar lima nama itu untuk menjadi cawapres Anies.

“Tentu pembicaraan kita buka cuma yang sekarang ada kami tetap berproses. Jadi, kalau toh datang alhamdulillah, kalau enggak datang go ahead,” ujar Willy.

Willy belum mau membeberkan lima nama kandidat cawapres Anies yang tengah digodok. Terpisah, Wasekjen NasDem Hermawi Taslim juga belum mau memberi tahu.

Hermawi hanya menyebutu kelima sosok itu bisa saja berasal dari berbagai golongan.

“Lima kandidat tersebut mungkin dari intern koalisi, dari luar koalisi, mungkin kalangan profesional, mungkin juga lintas gender,” kata Hermawi.

Hermawi juga menekankan, soal pilihan cawapres, KPP telah menyerahkan sepenuhnya kepada Anies selaku bacapres.

“Kami sudah tandatangan piagam kerjasama, isinya antara lain menyerahkan pilihan cawapres ke Anies. Lalu Anies menugaskan tim kecil wakil-wakil partai plus Sudirman said,” terangnya.

Jurnalis: Agung Nugroho