Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Minggu (4/6/2023). Dok: Golkar

JAKARTA – Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons kabar sejumlah petinggi partainya hadir dalam acara Apel Siaga Perubahan yang digelar Partai NasDem di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Minggu (16/7/2023) kemarin.

Airlangga menganggap biasa kedatangan elite Golkar ke acara NasDem. Ia menyebut Ketua Umum NasDem Surya Paloh merupakan mantan kader partai beringin.

Beberapa petinggi Golkar yang hadir di acara NasDem yakni Ketua DPP Golkar Christina Aryani, Rizal Mallarangeng, dan Supriansa.

“Jadi itu biasa saja karena Bang Surya alumni Golkar, pak Prabowo alumni Golkar,” kata Airlangga di kawasan Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).

Saat ditanya apakah kedatangan petinggi Golkar itu sinyal untuk berkoalisi dengan NasDem, Airlangga tak menjawab secara tegas. Airlangga juga tak secara gamblang memberi tahu Golkar saat ini akan merapat ke gerbong mana.

Namun demikian, Airlangga membandingkan kedekatan dirinya dengan Surya Paloh, Prabowo Subianto, dan capres usungan PDIP Ganjar Pranowo.

Airlangga mengungkapkan kedekatan dirimya dengan Surya Paloh dan Prabowo karena keduanya sempat di Golkar. Sementara dengan Ganjar, ia sama-sama alumni Universitas Gajah Mada (UGM).

“Kalau ini (Ganjar) teman dari dulu, karena dekat sinyalnya tinggi, kalau jauh sinyalnya roaming,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar juga mengatakan dia sudah berkomunikasi sejak lama dengan Airlangga. Sebagai alumni UGM, Ganjar merupakan ketua keluarga alumni UGM (Kagama) dan Airlangga anggota.

“Kalau saya ke beliau hari ini ke Menko ya saya anak buahnya Airlangga. Tapi kalau di UGM beliau anak buah saya karena ketua alumninya saya,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho