Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri HUT Golkar ke-58 di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022). Dok: Golkar

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan adanya peluang Pilpres 2024 diikuti oleh empat pasang calon (paslon).

Pernyataan itu diungkapkan Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet usai bertemua Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

“Tadi kami saling menggoda, apakah dua pasang, tiga pasang, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa empat pasang kata presiden,” ucap Bamsoet.

Meski demikian, Bamsoet mengaku pembicaraan tersebut merupakan candaan di sela-sela pertemuan antara pimpinan MPR bersama presiden. Pertemuan tersebut membahas persiapan Sidang Tahunan MPR 2023.

“Jadi ini candaan-candaan yang menyegarkan dalam pembicaraan hubungan antarpartai,” kata Bamsoet.

Bamsoet menceritakan pembicaraan mengenai Pilpres 2024 harus dilakukan dalam suasana yang menyenangkan sehingga tidak terjadi konflik horizontal.

Politikus Partai Golkar itu juga memastikan tidak ada upaya saling jegal di antara partai politik yang akan bergabung atau membentuk koalisi menghadapi Pemilu 2024.

“Hubungan kehidupan politik yang harus kita ciptakan senyaman mungkin agar masyarakat publik liat bahwa di tingkat elite kita semua baik-baik saja, tidak ada yang perlu dipertentangkan,” kata Bamsoet.

“Kami melihatnya tidak ada seperti yang kawan sampaikan tadi (isu saling menjegal). Kami melihatnya semua oke-oke saja,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho