JAKARTA – Juru Bicara (Jubir) Detasemen Khusus (Densus) 88, Kombes Pol Aswin Siregar menyebut DE terduga teroris yang diamankan di Bekasi, Jawa Barat sudah merencanakan aksi terorisme di Mako Brimob, Depok. Tak hanya Mako Brimob, dia juga berencana menyasar ke sejumlah markas TNI.

Sebelumnya DE yang ditangkap di Perumahan Pesona Anggrek Harapan, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/8/2023).

“Yang bersangkutan melakukan latihan-latihan kemudian memiliki rencana atau niatan untuk melakukan aksi kembali ke Mako Brimob,” kata Aswin dalam konferensi pers di Divhumas Polri, Selasa (15/8/2023).

“Juga terhadap ke beberapa markas tentara yang sudah dikenali atau ditandai oleh yang bersangkutan,” lanjut dia.

Saat ditanya terkait rencana aksi DE dengan pasokan senjata yang ditemukan Tim Densus 88, Aswin mengaku masih mendalaminya.

“Saya kira itu menjadi bahan bagi penyidikan kita, kita masih mendalami keterkaitan yang bersangkutan sebagaimana biasa dengan kelompok-kelompok teror ini kita akan runut balik ke belakang ke masa-masa awal rekrut yang bersangkutan kemudian dengan perkembangan dia seperti ini,” jelasnya.

Diberitakan, Densus 88 menggerebek dan mengamankan satu orang terduga teroris di Perumahan Pesona Anggrek Harapan, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/8/2023).

Satu orang yang diamankan berinisial DE (28) merupakan karyawan BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Jurnalis: Agung Nugroho