JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) batal menjadi Calon Wakil Presiden Anies Baswedan. Posisi AHY ditikung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Dengan keputusan Anies tersebut, Partai Demokrat resmi mencabut dukungannya kepada Anies.

AHY pun meminta kader Demokrat untuk segera move on dan siap berkoalisi dengan kandidat lain yang memiliki visi dan misi yang sama.

“Kami mengajak Partai Demokrat untuk tetap solid, Demokrat akan berkoalisi lain yang memiliki kesamaan cara pandang, visi kebangsaan dan etika politik. Mari kita songsong politik baru dengan hati yang bersih, niat baik, cara baik, dan tujuan yang baik. Mari kita buka lembaran baru ke depan, kita harus segera move on,” ungkap AHY saat jumpa pers, Senin (4/9/2023).

Pada kesempatan itu, AHY mengucapkan selamat dan sukses atas duet Anies-Cak Imin yang akan bertarung di Pilpres 2024.

Dia bilang ke depan Partai Demokrat akan terus berjuang tanpa mengorbankan nilai-nilai persahabatan.

“Selamat atas kepada Bapak Anies dan Bapak Muhaimin Iskandar yang baru saja mendeklarasi sebagai pasangan capres cawapres 2024 ke depan semoga sukses. AKhirnya kepada kader Demokrat saya berpesan tidak ada jalan yang lunak untuk mencapai cita-cita yang besar, lanjutkan kerja keras kita, tetap rendah hati dan tetap percaya diri. Sukses dan kemenangan tetap kita raih tanpa harus mengorbankan nilai moral, etika dan nilai persahabatan,” jelasnya.

Jurnalis: Dewo