JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 hingga 9 September 2023.

Untuk masyarakat yang ingin menjadi guru profesional dapat mendaftar PPG Prajabatan 2023 secara online melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan

Dikutip dari laman resmi PPG Kemdikbudristek pada Kamis (31/8/2023), PPG Prajabatan merupakan program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang berkualitas.

Sebagai informasi, PPG Prajabatan ini diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapat sertifikat pendidik.

Dari pantauan indonesiaparlemen.com di akun instagram PPG Kemendikbudristek, banyak warganet yang menanyakan akan kemana setelah lulus dari PPG di kolom komentar.

Seperti yang dituliskan akun Wahyu Setyo Pambudi yang meminta agar pemerintah khususnya Kemendikbudristek agar membuat surat edaran terkait program PPG.

Mohon segera dibuatkan surat edaran resmi agar mempunyai landasan hukum yang kuat, bukan hanya sekedar kata-kata manis dan bualan semata. Salam hangat dari kami mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 1,” tulisnya.

Selain itu akun Lintang Pertiwi, menuliskan permohonan kepada Kemendikbudristek untuk kejelasan terkait program PPG.

“Salam Ditjen GTK yang terhormat, tolong berikan info mengenai penundaan pengumuman kelulusan mahasiwa PPG Prajabatan Gelombang 1, pada awal mulanya dijadwalkan untuk diumumkan pada tanggal 28 agustus 2023. Kami menunggu kepastian atau setidaknya informasi terkait hal tersebut. Mohon kerjasamanya,” tulisnya.

Berdasarkan pantauan komentar yang dihimpun oleh indonesiaparlemen.com, hampir semuanya menanyakan kepastian dan kejelasan terkait program pemerintah dari Kemendikbudristek tersebut.

Diketahui, kuota nasional Program PPG Prajabatan Tahun 2023 adalah 59.019 mahasiswa. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2023 akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp 17.000.000,00 untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester atau satu tahun.

Ada tiga tahapan seleksi Program PPG Prajabatan Gelombang 2. Sementara proses seleksinya bersifat sekuensial yang artinya jika pelamar atau calon peserta tidak dinyatakan tidak lulus pada salah satu tahapan, maka peserta tersebut tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jurnalis: Dewo