JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung hari ini. Kereta cepat akan melaju dari Stasiun Halim, Jakarta Timur (Jaktim) menuju Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar).

“Pak Jokowi rencana akan ke Bandung itu melihat perjalanan seperti apa langsung dari Halim ke Tegalluar. Rencananya besok kunjungannya,” kata Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin

Bey menyatakan progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah optimal. Jokowi diagendakan untuk memeriksa kesiapan kereta cepat itu dioperasikan.

“Kalau saya naik sih sudah bagus, dengan kecepatan mencapai 350 km itu sangat bagus dan tidak goyang. (Kunjungan Jokowi) intinya kereta cepat besok,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan Jokowi akan menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung pada 13 September 2023. Agenda ini dilangsungkan usai kepulangannya dari India, menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 9-10 September 2023.

Budi Karya memastikan, seluruh persiapan berjalan dengan lancar dan peresmian sekaligus pengoperasian KCJB dapat dilangsungkan pada 1 Oktober 2023.

Jurnalis: Dewo