SEMARANG – Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar membenarkan Ketua KPK, Firli Bahuri pernah bertemu mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Pertemuan itu terjadi pada Februari 2021 di Jakarta.

“Pernah ada (pertemuan) di tahun 2021. Kira-kira di bulan Februari,” kata Irwan

Dia mengungkapkan saat itu diminta Syahrul Yasin Limpo untuk menemaninya bertemu Firli. Pertemuan itu, kata Irwan, untuk membangun kerja sama pencegahan korupsi di Kementan. Namun, Irwan membantah adanya penyerahan uang dalam pertemuan tersebut.

“Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa,” katanya.

Irwan mengaku memiliki hubungan dengan kedua orang tersebut. Firli Bahuri merupakan atasan Irwan saat di Polda NTB pada 2017. Firli saat itu menjabat sebagai kapolda NTB, sementara Irwan menjabat sebagai direktur reserse umum. Irwan juga mengaku sebagai keponakan SYL.

“Pak Firli adalah atasan langsung saya ketika saya menjabat direktur reserser kriminal umum di Polda Nusa Tenggara Barat, NTB kira-kira tahun 2017. Kemudian Pak Mentan adalah paman saya, kebetulan bersaudara dengan almarhumah mertua saya,” kata Irwan.

Diketahui, beredar foto pertemuan Firli Bahuri dengan SYL di sebuah GOR di Jakarta. Foto pertemuan itu mencuat di tengah pengusutan dugaan korupsi di Kementan oleh KPK.

Dari foto yang diperoleh, terlihat Firli dengan tampilan sporty duduk bersebelahan dengan SYL yang berbusana kemeja serta celana jeans di sebuah bangku panjang. Keduanya tampak bercengkrama dengan ditemani tiga potong jagung.

Buntut polemik keakraban itu, Firli Bahuri dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK atas dugaan pelanggaran etik. Tak hanya Dewas KPK, saat ini, Polda Metro Jaya tengah mengusut kasus dugaan pemerasaan oleh pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Jurnalis: Dewo