JAKARTA – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat berada di rumah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri seusai proses pendaftaran capres-cawapres di KPU.

“Betul sekali, karena pak Sandiaga Uno memiliki kompetensi yang sangat lengkap,” kata Hasto.

Hasto mengatakan keputusan tersebut merupakan hasil koordinasi dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono dan Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsyad Rasyid.

“Pak Sandiaga akan memimpin dewan pakar,” ujar dia.

Hasto menjelaskan sosok Sandiaga sangat diperlukan dalam TPN Ganjar Mahfud karena kemampuannya dalam menjabarkan setiap kepentingan tim. Selain itu, Sandiaga dinilai cocok dengan karakter Ganjar yang bergerak serba cepat.

“Kami memerlukan kepemimpinan sebagai dewan pakar bukan saja pada aspek intelektual, leadershipnya, tetapi juga kemampuan untuk menjabarkan secara teknokratik,” kata Hasto.

Sandiaga sebelumnya masuk dalam daftar kandidat yang diajukan oleh PPP untuk menjadi pendamping Ganjar. Meskipun tidak terpilih sebagai cawapres, Sandiaga menyatakan dirinya tidak merasa kecewa dan siap berkontribusi untuk membawa Indonesia menuju masa keemasan.

Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono juga mengungkapkan bahwa PPP tidak merasa kecewa dengan keputusan Megawati yang menunjuk Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar. Mardiono mengatakan penunjukan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar adalah hasil dari kajian dan pertimbangan yang matang.

Jurnalis: Dewo