JAKARTA – Ketua Umum partai Golkar Arilangga Hartarto memutuskan bahwa Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) untuk mendampingin Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpers) 2024.

Hal itu dikatakan Airlangga dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas II) di Gedung DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa Prabowo sudah mengantongi satu nama bakal cawapres. Tetapi, ia enggan membeberkannya. Kemudian, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengungkapkan bahwa Prabowo dan Gibran sudah resmi bakal menjadi bakal capres-cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju.

Bahkan, Fahri mengklaim, deklarasi kemungkinan berlangsung pada Minggu (22/10/2023) dan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilakukan pada Senin (23/10/2023). Hanya saja, Gibran diketahui adalah kader PDI-P yang sudah mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai pasangan bakal capres-cawapres

Jurnalis: Agung Nugroho