JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menampik kabar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal mundur dari cawapres Prabowo Subianto di menit terakhir pendaftaran pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Airlangga memastikan, pasangan Prabowo-Gibran akan mendaftarkan ke KPU besok pagi, Rabu (25/10/2023) pukul 10.00 WIB.

“Ya tentu besok Bapak Prabowo dan Mas Gibran akan mendaftar pada pagi hari,” ujar Airlangga di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Airlangga mengatakan, soal teknis pendaftaran akan dibahas oleh para sekjen partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Yang jelas, kata dia, pendaftaran pasangan Prabowo-Gibran akan didampingi oleh para ketum partai KIM.

“Tentunya akan didampingi oleh Koalisi Indonesia Maju dan insyaallah ketua umum-ketua umumnya akan hadir,” tandas Airlangga.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan pasangan capres-cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal mendaftar ke KPU besok, Rabu (25/10/2023).

Menurut Dasco, Prabowo dan Gibran sudah mengajukan cuti dari jabatan mereka untuk pendaftaran besok sebagai pasangan capres-cawapres.

“Izin cuti itu saya lihat ada beberapa tanggal tertentu, beliau meminta izin cuti juga sudah diajukan,” ujar Dasco di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Selain izin cuti, kata Dasco, Prabowo-Gibran sudah menyiapkan dokumen persyaratan pendaftaran baik syarat calon maupun syarat pencalonan sebagaimana diatur oleh UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan PKPU. Karena itu, kata Dasco, tidak ada kendala apa pun untuk melakukan pendaftaran besok.

“Kalau surat izin untuk maju sebagai capres-cawapres sesuai dengan hasil penentuan persyaratan pemilu sudah diajukan dan alhamdulillah sudah disetujui,” tandas Dasco.

Diketahui, Prabowo Subianto telah resmi mengumumkan cawapres yang akan mendampinginya pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang, yaitu Gibran Rakabuming Raka. Prabowo-Gibran diusung oleh delapan partai politik, yaitu Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garda Republik, dan Partai Prima.

“Hari ini dihadiri lengkap oleh ketum dan sekjen masing-masing, kita telah bermusyawarah secara final, konsensus, dan seluruhnya sepakat mengusung Prabowo (sebagai) capres KIM untuk 2024-2029 dan saudara Gibran sebagai cawapres dari KIM,” ujar Prabowo di Kertanegara 4, Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Jurnalis: Dewo