JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus memastikan reformasi birokrasi berdampak langsung ke masyarakat, salah satunya melalui inovasi pelayanan publik. Sebagai kunci transformasi, inovasi juga dibutuhkan untuk merespon perubahan lingkungan strategis yang cenderung dinamis.

Mengakselerasi hal itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang diwakili oleh Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara Agus Sudrajat meluncurkan website Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNas).

“JIPPNas hadir sebagai knowledge management system yang juga menjadi basis data inovasi pelayanan publik nasional,” ujarnya dalam acara Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik, Peluncuran JIPPNAS, dan Pemberian Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Sebagai informasi, JIPPNas berupa portal yang menyediakan integrasi data inovasi informasi pelayanan publik. Website JIPPNas akan menampilkan 2.928 data inovasi yang berasal dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kementerian PANRB, Innovative Government Award (IGA) Kemendagri, dan Laboratorium Inovasi (InoLAN) LAN. Diharapkan, JIPPNas menjadi rujukan nasional terkait praktik terbaik inovasi pelayanan publik nasional.

Berkaitan dengan KIPP, penyelenggaraan KIPP 2023 telah berjalan dengan lancar. Terdapat 3.110 proposal inovasi terdaftar dalam Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik). Rangkaian penilaian dalam KIPP 2023 menghasilkan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji yang terdiri dari Top 45 Inovasi Kelompok Umum dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation.

Selaku pembina pelayanan publik, Kementerian PANRB terus mendorong instansi pemerintah untuk menghasilkan inovasi setiap tahunnya melalui gerakan One Agency, One Innovation. Namun, Menteri Anas menegaskan bukan berarti satu inovasi melahirkan satu aplikasi.

“Tiap inovasi atau fungsi baru dapat diintegrasikan dan diinteroperabilitaskan ke dalam aplikasi yang sudah ada,” tutur Anas.

Dalam kesempatan itu, Menteri Anas juga turut memberikan penghargaan kepada Top Inovasi Terpuji. Ia menyampaikan apresiasinya terhadap instansi pemerintah yang telah berupaya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Apresiasi yang setinggi-tinggi nya kepada para Menteri, Kepala Lembaga, dan Kepala Daerah yang telah menunjukkan komitmen dan konsistensi nyata dalam mewujudkan pelayanan publik terbaik dan dirasakan oleh warga,” pungkas Anas.

Jurnalis: Agung Nugroho