JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum mendapatkan undangan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan yang jatuh pada Rabu, 10 Januari 2024.

Namun, Jokowi berencana akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara di ASEAN pekan ini.

“Belum dapat undangan,” kata Jokowi pada Senin (8/1/2024).

Sebelumnya diberitakan, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan Presiden Jokowi memang ada rencana melakukan kunjungan kenegaraan Ke beberapa negara ASEAN pekan depan. Hanya saja, Ari belum bisa menyampaikan berapa lama kegiatan Presiden Jokowi kunjungan ke luar negeri.

“Ada rencana memang kunjungan ke luar negeri, tetapi kepastiannya masih nanti saya update. Tentang kurun waktu kamu bisa memastikan, saya nanti akan update lagi. Tapi intinya ada ke beberapa negara ASEAN,” kata Ari di Kompleks Istana Kepresidenan pada Jumat (5/1/2024).

Sementara, Ari juga belum mengetahui apakah Presiden Jokowi sudah ada undangan dari PDI Perjuangan perihal peringatan hari ulang tahun partai tersebut. Tentu, Ari harus mengecek terlebih dahulu perihal tersebut.

“Saya belum update. Nanti saya cek dulu,” ujarnya. Tapi menurut dia, Jokowi tidak mungkin hadir apabila peringatan HUT ke-51 PDI Perjuangan bentrokan dengan agenda kunjungan ke luar negeri pekan depan. “Kalau ada kunjungan ke luar negeri, mungkin tidak (tidak hadir). Belum tahu saya jadwal, tapi yang jelas ada rencana keluar negeri,” ucapnya.

Jurnalis: Dewo