JAKARTA – PDIP menggelar peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 hari ini. PDIP tak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara ini.

“Kami menghormati agenda Presiden Jokowi yang memang sejak awal sebelum terjadinya acara ini dan kita masih mempersiapkan acara bahwa Presiden ada kepentingan untuk pergi ke luar negeri, sehingga kami tidak mengundang beliau,” kata politikus PDIP Chico Hakim di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, dikutip Detik.com, Rabu (10/1/2024).

Chico mengatakan Jokowi juga tidak akan memberikan sambutan dalam bentuk video. Dia mengatakan kegiatan Jokowi ke luar negeri sudah lebih dulu terencana.

Jubir TPN Ganjar-Mahfud ini mengatakan PDIP juga merasa tak masalah atas ketidakhadiran Jokowi di HUT ke-51. Sebab, kata dia, PDIP lahir bukan karena satu-dua tokoh saja.

“Kita biasa aja, karena gini, seperti diketahui, PDI Perjuangan ini hari lahir yang ke-51. PDIP bukan lahir karena salah satu tokoh atau dua tokoh saja, apalagi tokoh yang baru bergabung sekian puluh tahun dan lain-lain,” jelas dia.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan tema yang diusung di HUT ke-51 PDIP ialah ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’. Hasto lantas menjelaskan alasan pemilihan Sekolah Partai menjadi lokasi perayaan HUT.

“Sekolah partai merupakan tempat untuk mendidik kader-kader partai yang punya moralitas dan etika politik yang baik, memiliki komitmen kerakyatan, menjadikan falsafah Pancasila dengan komitmen pembebasan nasib wong cilik terus menerus diperjuangkan oleh seluruh kader partai,” ujar Hasto, di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024).

“Juga menunjukkan tempat tersebut digembleng kader PDIP pemahaman ideologi yang kuat, pemahaman organisasi politik, kesadaran terhadap lingkungan, kesadaran terhadap jati diri PDI Perjuangan yang berasal dari rakyat,” pungkas dia.

Jurnalis: Dewo