BANDUNG, INDONESIAPARLEMEN.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) kembali didatangi oleh sekitar 150 Anggota Advokat Squad yang di pimpin oleh Dr. Muhammad Ali Nurdin, S.H.M.H. yang berlokasi di Jl. Aceh No.79, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Sabtu (15/8/2020).

Kedatangan para Pengacara yang tergabung dalam Advokat Squad ternyata bukan kali ini saja dilakukan, mereka datang dengan tujuan yang mulia yaitu mendonorkan darah di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Advokat Squad Dr. Muhammad Ali Nurdin, S.H., M.H. “Kegiatan Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan anggota Advokat Squad, karena memang kita sering berkomunikasi dengan teman-teman PMI di kota Bandung dimana pada saat pandemi ini masyarakat pendonor di PMI itu sangat kurang”, terangnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, “Kita berdiskusi dengan teman-teman untuk segera mempercepat proses kegiatan donor darah dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 mengisi kemerdekaan dengan melakukan donor darah”, ungkapnya.

“Alhamdulillah, kegiatan donor darah di PMI Kota Bandung yang ke -4 kalinya ini diikuti oleh sekitar 150 orang anggota Advokat Squad. Memang sempat terkendala dari teman-teman karena takut akan Covid-19, tapi setelah dikasih tahu oleh pihak PMI bahwa pelaksanaan donor tersebut dengan melakukan protokol yang sangat ketat, akhirnya hari ini kita berdonor”, katanya.

Harapan saya, lanjut Ali, “Kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi teman-teman Advokat lainnya, juga bagi masyarakat umum agar jangan takut datang ke PMI untuk melakukan donor darah karena PMI membutuhkan labu darah untuk masyarakat yang membutuhkan, selain itu PMI melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat”, tutupnya.

Polmer Sirait, S.H., M.H., yang merupakan salah satu pendiri dan penasehat di Advokat Squad mengatakan, “Sekarang kita berada di PMI Kota Bandung yang jumlahnya sekitar 150 orang w alaupun di massa pandemi perlu kita juga melakukan kegiatan kemanusiaan apalagi kegiatan donor darah yang mana banyak orang-orang yang membutuhkan”, katanya.

“Perhimpunan Advokat Squad yang dipimpin oleh Dr. Muhammad Ali Nurdin, S.H., M.H., M. Kn, perlu diketahui bahwa yang mengkoordinir dan memfasilitasi semua kegiatan ini dari awal sampai nanti berakhir difasilitasi oleh Dr. Muhammad Ali Nurdin, S.H., M.H, semoga ini menjadi berkah barokah untuk beliau dan juga yang bagi para pendonor”, ungkapnya.

Seperti yang sudah di informasikan, kegiatan kemanusiaan tersebut dihadiri oleh salah satu musisi ternama tanah air Riefian Fajarsyah yang mana mengapresiasi langkah Advokat Squad Indonesia yang sudah melakukan aksi donor darah.

“Teman-teman Advokat Squad Indonesia sangat jeli. Disaat orang-orang enggan mendonorkan darahnya karena takut terpapar Covid-19, mereka malah datang membantu sesama di PMI”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Riefian mengajak semua lapisan masyarakat agar datang ke kantor PMI untuk menjadi pendonor, “Jangan takut perpapar Covid. Selama disiplin menerapkan protokol kesehatan, tidak ada masalah. Lagi pula PMI juga sudah menyiapkan segalanya”, katanya.

Ditempat yang sama, saat menemui salah satu tenaga medis Dr. Yani menyampaikan, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan para advokat ini. Saat pandemi Covid-19 ini sedikit sekali masyarakat yang mau mendonorkan darah sehingga stok labu darah di PMI sangat minim”, terangnya.

“Seperti yang sudah kita ketahui, banyak kantor-kantor dan sekolah ditutup sehingga mobil unit PMI jarang beroperasi, jadi kita sangat minim untuk persediaan stok darah, disini betul-betul lagi kosong”, keluhnya.

Kami terus berupaya, lanjut Dr. Yani, “Bahkan untuk memberikan kemudahan bagi para pendonor, yang tadinya kami buka sampai pukul 21.00 WIB,kini kami buka 24 jam. Hal ini dilakukan agar stok darah di PMI tidak minim”, ucapnya.

Saya sangat berharap bagi masyarakat yang sudah waktunya mendonor agar segera datang ke PMI, jangan takut, karena kami disini melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat dan jika diperlukan kami siap datang ke lokasi”, pungkas Yani.

(Amor)