KAI Expo yang diselenggarakan pada 17-18 September 2022 di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Dok: IP/Dewo

JAKARTA – Event tahunan Kereta Api Indonesia (KAI) Expo yang diselenggarakan pada 17 September sampai 18 September 2022 di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, mencatat 9.000 pengunjung di hari pertama.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy kepada wartawan pada Sabtu (17/9/2022).

“Pengunjung yang sudah melakukan pembelian melalui online sekitar 9.000 orang,” katanya.

KAI sendiri menargetkan sekitar 20.000 pengunjung selama dua hari pameran dilaksanakan.

“Harapan kita sampai besok sudah bisa mencapai sampai 20.000 orang. Kalau melihat antrean tadi mungkin bahkan bisa lebih dari 20.000 orang,” tambah Hendy.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI Sandry Pasambuna mengatakan KAI Expo tahun ini digelar setelah vakum 2 tahun karena pandemi Covid-19.

“Akhirnya tahun ini KAI Expo 2022 bisa kita gelar kembali setelah 2 tahun kita vakum akibat pademi Covid-19,” ucap dia.

Sandry Pasambuna juga mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia pengguna Kereta api, dimana pada tahun ini kembali meningkat pasca pandemi yang membuat beberapa perjalanan KA jarak jauh harus dihentikan karena peraturan pemerintah terkait kebijakan PPKM.

“Kami jajaran direksi KAI mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia pengguna Kereta api, dimana untuk tahun ini penumpang Kereta Api Indonesia meningkat Kembali pasca pandemi Covid-1 yang membuat beberapa perjalanan KA jarak jauh harus di stop karena peraturan pemerintah terkait kebijakan PPKM.” kata dia.

Pada event ini, kata dia, KAI menargetkan pendapatan dari penjualan tiket KA sekitar Rp 5 Milyar sampai Rp 6 Milyar.

“Kemungkinan 5 sampai 6 Milyar yah pada KAI Expo 2022 Ini,” pungkas dia.

Untuk menarik pengunjung, KAI menyiapkan promo untuk 77.000 tiket perjalan KA jarak jauh ke berbagai daerah dengan pembelian secara offline di KAI Expo 2022.

Khusus perjalanan tanggal 28 September 2022, Dalam rangka memperingati Hari Jadinya, PT KAI memberikan diskon special untuk keberangkatan ke beberapa daerah dengan harga untuk kelas ekonomi Rp 7.000, Bisnis Rp. 30.000 dan eksekutif Rp. 77.000.

Tiket promo tersebut berlaku untuk rute dari dan menuju Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Jember dan lainnya.

KA yang mendapatkan promo di antaranya KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Gajayana (Gambir-Malang pp), Argo Wilis (Bandung–Surabaya Gubeng pp), Turangga (Bandung–Surabaya Gubeng pp) dan berbagai KA lainnya.

Jurnalis: Dewo