Mahfud MD dalam konferensi pers usai melaksanakan rapat koordinasi lintas kementerian di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (3/9/2022). Dok: Tangkapan layar Youtube Kemenkopolhukam RI

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD akan mendampingi Presiden Jokowi pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN (KTT ASEAN) di Phnom Penh, Kamboja pada 9 hingga 12 November 2022 mendatang. Presiden Joko Widodo pada KTT ASEAN itu akan secara resmi menerima keketuaan ASEAN periode selanjutnya.

Menko Polhukam, Mahfud MD menyampaikan bahwa sejumlah topik strategis akan dibahas di forum itu, antara lain terkait kerjasama bidang demokrasi dan hak azasi manusia (HAM), serta kerjasama di bidang intelijen dan keamanan bersama.

“Tentu yang ingin dicapai dalam KTT ASEAN adalah prinsip dasar yang dicanangkan sejak lama, yaitu terciptanya wilayah dan kawasan yang damai dan aman, serta mensejahterakan masyarakat di ASEAN yang sudah makin bertambah,” ujar Menko Mahfud di Jakarta, Senin (7/11/2022) menjelang keberangkatannya ke KTT ASEAN di Kamboja.

ASEAN lanjut Mahfud merupakan forum yang sangat dihormati di dunia internasional. Netralitas ASEAN diharapkan membangun kesejukan dan kedamaian dalam pergaulan bangsa-bangsa.

“Ini harus diperkuat kedepannya. Selain memperkuat forum kerjasama ASEAN, juga akan dibahas isu Laut Cina Selatan, tindak pidana perdagangan orang (TPPO), masalah Myanmar, dan berbagai isu trategia lainnya.” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho