Sosialisasi empat layanan elektronik yakni HT-elektornik, pengecekan elektronik, SKPT elektronik, Informasi zona nilai tanah (ZNT) elektronik, Selasa (27/12/2022). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melakukan sosialisasi empat layanan elektronik yakni HT-elektornik, pengecekan elektronik, SKPT elektronik, Informasi zona nilai tanah (ZNT) elektronik.

Diketahui sosialisasi tersebut bertepatan peringatan Hari Ibu dengan tema dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju di Sarinah, Jakarta, Selasa (27/12/2022) .

Kepala Biro Humas Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasjonal (ATR/BPN) Yulia Jaya Nirmawati mengatakan bahwa ini adalah kesempatan kita untuk dapat mensosialisasikan layanan elektronik yang dapat diakses oleh masyarakat.

“Jadi masyarakat itu sesungguhnya dapat melakukan pendaftaran dan meminta informasi maupun pengaduan mengenai pertanahan,” kata dia kepada wartawan usai acara sosialisasi 4 layanan elektronik.

Untuk diketahui, Kementerian ATR/BPN mensosialisasikan beberapa layanan yang dapat diakses oleh masyarakat secara mudah. Seperti 4 layanan elektonik tersebut.

Dia juga menyampaikan kepada para pengunjung di Mal mengenai layaman Bumi, Sentuh Tanahku, Loketku, Lapor bosa dilakukan melalui pesan whatsapp 0811.1068.0000

Dengan adanya 4 pelayanan elektronik ini, kata dia, ingin menyampaikan pesan kepada publik yang dapat diakses oleh masyarakat.

Dengan adanya layanan tersebut, diharap 40% antrian layanan di loket seluruh kantor pertanahan berkurang. Karena sudah tidak dilakukan lagi pengaduan secara langsung di kantor pertanahan

“Masyarakat bisa melakukannya secara online dan pengecekan. Selebihnya masyarakat tidak perlu lagi mendatangi ke kantor, mereka cukup membuka aplikasi Lapor atau bisa juga melalui aplikasi keterbukaan informasi seperti ppidatrbpn.go.id,” pungkasnya.

Jurnalis: Agung Nugroho