Wakil Presiden Ma’aruf Amin. Dok: Setkab

ACEH – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut mengomentari keputusan batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ma’ruf menyebut keputusan federasi sepak bola dunia (FIFA) itu tak boleh mengendurkan semangat persepakbolaan Tanah Air.

“Saya pikir, peristiwa ini tidak boleh membuat kita kemudian kehilangan semangat seperti kiamat itu,” kata Ma’ruf di Banda Aceh, Kamis (30/3/2023).

Bersamaan dengan itu, Ma’ruf mengajak masyarakat ikhlas menerima putusan FIFA tersebut. Kemudian, bergerak lagi membangun persepakbolaan nasional.

“Sudah terjadi bahwa Indonesia dicoret sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20. Apapun harus kita terima dengan ikhlas, tapi tidak berarti itu kemudian kiamat ya bagi dunia persepakbolaan kita,” ujar dia.

Ma’ruf menilai FIFA masih ingin tetap membina persepakbolaan nasional Indonesia. Ia meminta seluruh pihak tidak patah semangat.

“Dan juga tentu ada event yang juga bisa diikuti internasional oleh sepak bola kita, oleh karena menurut saya keputusan batalnya penyelenggaraan U-20 ini tidak boleh membuat kita kemudian menjadi pesimis, menjadi kemudian patah semangat,” ujarnya.

Apalagi, tambahnya, pemerintah Indonesia telah menetapkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Hal itu, kata Wapres, tidak boleh terganggu, serta harus berjalan.

“Pembinaan harus terus, agar sepakbola kita punya reputasi yang baik, persepakbolaan kita harus mendunia, harus bagus, harus bisa menjadi juara baik di ASEAN, di Asia bahkan juga tingkat dunia,” pungkas dia. (*)