Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perhelatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi momentum untuk memperkenalkan Labuan Bajo ke dunia internasional. Adapun, puncak acara berlangsung pada 9-11 Mei 2023.

LABUAN BAJO – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perhelatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi momentum untuk memperkenalkan Labuan Bajo ke dunia internasional. Adapun, puncak acara berlangsung pada 9-11 Mei 2023.

Pesawat kepresidenan mendarat pukul 15.30 Wita. Jokowi terlihat memakai kaos lengan panjang warna oranye, dan Iriana mengenakan baju tenun NTT.

Jokowi tiba di Labuan Bajo pada Minggu (7/5)2023), dua hari menjelang KTT ASEAN. Kedatangannya hanya didampingi Ibu Negara Iriana.

Presiden Jokowi disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan sejumlah pejabat daerah lain.

“Ini adalah momentum yang sangat baik diadakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk memarketingi Labuan Bajo, supaya dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur,” kata Jokowi kepada awak media di Bandara Komodo, Minggu (7/5/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan KTT ASEAN di Labuan Bajo telah melibatkan peran serta masyarakat lokal.

“Saya kira semuanya terlibat baik dalam penyambutan, penyiapan kuliner, baik dalam penyiapan homestay-nya, semuanya. Makanya kamarnya tidak cukup. Kami siapkan juga kapal,” ujar Jokowi.

Jokowi disambut dengan Tiba Meka, yakni sebuah tarian penyambutan dalam budaya Manggarai. Setiap Kepala Negara yang hadir akan disambut dengan tarian yang sama.

Dia juga memastikan persiapan KTT ASEAN sudah rampung.

“Dua hari lagi (KTT ASEAN), semua sudah siap,” katanya, Minggu.

Kamar hotel di Labuan Bajo memang sudah penuh selama KTT ASEAN berlangsung.Namun, sebelumnya panitia menegaskan bahwa kamar hotel untuk kepala negara dan delegasi KTT ASEAN sudah disiapkan di sejumlah hotel berbintang di Labuan Bajo. Panitia menyebut yang tak kebagian kamar hotel hanya panitia dan petugas keamanan.

Jurnalis: Agung Nugroho