Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. Dok: Hum

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi(Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal Anies Baswedan mengkritik kebijakan pemerintah dalam memberikan insentif kendaraan listrik pada tahun in

Dia menilai bahwa adopsi electric vehicle (EV) sudah dilakukan di banyak negara, bukan hanya Indonesia.

“Sebenarnya gini, mengenai mobil listrik ini sudah ada studi yang komprehensif. Jadi saya kira seluruh dunia, bukan hanya kita, jadi jangan kita melawan arus dunia juga,” tegas Luhut, seperti dilansir dari Antara, Jakarta, Rabu (10/5/2023)

Lebih lanjut Luhut juga bersedia menjelaskan apa saja dampak positif dari aturan insentif kendaraan listrik tersebut. Langkah ini dilakukan agar para pengkritik bisa mengetahui manfaat kebijakan tersebut.

“Siapa yang berkomentar saya tidak tahu mengenai itu. Siapa yang berkomentar suruh dia datangi saya langsung, biar saya jelasin bahwa tidak benar omongannya,” katanya.

Insentif kendaraan listrik sendiri telah diberlakukan pada Maret 2023 lalu, di mana pembeli motor listrik bakal mendapatkan subsidi sebesar Rp 7 juta. Sedangkan untuk mobil listrik, pembeli akan menerima diskon PPN sebesar 10 persen.

Jurnalis: Agung Nugroho