Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto  menyerahkan delapan sertifikat dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk pura dan masyarakat di sekitar Bale Banjar Pura Lodtunduh, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Rabu (24/5/2023). Dok: ATR/BPN

BALI – Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto  menyerahkan delapan sertifikat dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk pura dan masyarakat di sekitar Bale Banjar Pura Lodtunduh, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Rabu (24/5/2023).

“ Tentu kita harapkan juga di akhir tahun 2023 ini Kabupaten Gianyar sudah menjadi Kabupaten Lengkap, menyusul Kabupaten Badung. Menurut laporan yang saya terima Kabupaten Gianyar PTSL-nya sangat bagus karena didukung seluruh masyarakat termasuk pelaksanaan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) kemarin berjalan dengan baik,” ucap Hadi.

Hadi Tjahjanto menjelaskan manfaat lain dari program PTSL selain memberi kepastian hak atas tanah juga dapat menaikkan ekonomi salah satu sumbernya dari investor yang menanamkan investasi di Kabupaten Gianyar.

“Kalau sudah terdaftar semua tanahnya, ini juga dapat menarik investor dan menaikkan ekonomi Kabupaten Gianyar karena tentunya mereka mendapat kepastian hukum, sehingga untuk membuka usaha pun mereka akan tenang,” jelas dia.

Kepala Desa Lodtunduh, I Wayan Gunawan yang menjadi salah satu perwakilan masyarakat mengakui dalam proses PTSL di Gianyar koordinasi dengan Kantor Pertanahan berjalan sangat baik.

“Kami mengapresiasi program ini (PTSL, red). PTSL di Gianyar secara umum dengan kecepatan progresnya, tidak ada program PTSL yang bermasalah. Karena kami awali PTSL ini dengan GEMAPATAS, yaitu pemasangan patok. Dan GEMAPATAS-nya berjalan lancar,” tuturnya.

Jurnalis; Agung Nugroho