Foto: ilustrasi

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan berintensitas ringan hingga lebat yang disertai petir berpotensi terjadi di sejumlah kota besar di Indonesia, Senin (19/6/2023).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, pada pagi hari, hujan berintensitas ringan berpotensi mengguyur wilayah Palangka Raya dan Samarinda. Sedangkan Mamuju diperkirakan dilanda hujan berintensitas sedang.

Sementara pada siang hari, hujan ringan berpeluang turun di wilayah Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Palangka Raya, Ambon, Jayapura, Manokwari, dan Manado.

Wilayah Bandung, Ternate, dan Medan berpotensi diguyur hujan berintensitas sedang, sedangkan Jambi, Banjarmasin, dan Pangkal Pinang diperkirakan hujan disertai petir.

Memasuki malam hari, hujan ringan berpotensi membasahi wilayah Palangka Raya, Ambon, Pekanbaru, dan Mamuju. Wilayah Medan diperkirakan diguyur hujan berintensitas sedang. Adapun Bengkulu, Jambi, Tarakan, dan Palembang dilanda hujan lebat.

Hujan berintensitas ringan masih akan mengguyur beberapa kota besar di Indonesia pada Selasa (20/6/2023) dini hari, seperti di Serang, Jambi, Samarinda, Bandar Lampung, Ambon, Pekanbaru, dan Mamuju. Sedangkan hujan berintensitas sedang akan melanda wilayah Gorontalo.

Warga yang tinggal di daerah-daerah yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebaiknya meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi kemungkinan terjadi genangan atau banjir.

Jurnalis: Dewo