Presiden Jokowi pada acara penyerahan penghargaan dari IRRI kepada pemerintah Republik Indonesia yang digelar di Istana Negara Jakarta, pada Minggu (12/8/2022).

JAKARTA – Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet hari ini, Senin (17/7/2023). Informasi reshuffle yang dilakukan Presiden Jokowi itu disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin melalui pesan singkat, Minggu (16/7/2023).

Bey Machmudin tidak memerinci siapa saja yang bakal dilantik, beredar kabar nama-nama calon menteri dan wakil menteri di kalangan jurnalis. Berikut ini nama-nama yang disebut-sebut bakal masuk dalam Kabinet Indonesia Maju.

1. Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo
Budi Arie Setiadi sebelumnya menjabat sebagai Wamen Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). Ia dilantik Presiden Jokowi pada 25 Oktober 2019 bersama 11 wamen lainnya. Budi adalah Ketua Umum Pro Jokowi (Projo).

2. Nezar Patria sebagai Wakil Menkominfo
Nezar Patria adalah seorang wartawan dan aktivis pro-demokrasi di era Orde Baru. Ia adalah salah satu dari tiga belas aktivis korban penculikan pada masa pemerintahan Suharto menjelang reformasi. Mantan  Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia itu sejak 7 Juni 2022 menjadi Staf Khusus V Menteri BUMN. Nezar Patria kabarnya bakal menjadi Wakil Budi Arie.

3. Paiman Raharjo sebagai Wamendes PDTT
Jabatan yang ditinggalkan Budi Arie Setiadi kabarnya bakal diisi Prof Dr H Paiman Raharjo MM MSi. Paiman saat ini adalah rektor di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta. Ia pernah Ketua Umum Sedulur Jokowi pada masa kampanye Pilpres 2019.

4. Pahala Mansury sebagai Wamenlu
Pahala Nugraha Mansury SE MBA adalah seorang ekonom dan bankir asal Indonesia. Pria kelahiran Bogor 8 April 1971 ini adalah direktur utama Bank Tabungan Negara sejak 27 November 2019 dan pernah menjadi  Direktur Keuangan Pertamina serta Direktur Utama Garuda Indonesia.

5. Rosan Roeslani sebagai Wamen BUMN
Kursi kosong wamen BUMN yang ditinggalkan Pahala Mansury kabarnya bakal diisi oleh Rosan Roeslani MBA MA. Ketua Kadin periode 2015 – 2020 ini adalah Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat sejak 2021.

Jurnalis: Agung Nugroho