Jokowi saat melantik Perwira TNI-Polri Tahun 2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023). Dok: Setkab

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengimbau para perwira muda TNI dan Polri untuk tetap waspada dan siap menghadapi kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Jokowi menekankan cepatnya transformasi sektor militer dan kepolisian, menggarisbawahi urgensi bagi Indonesia untuk tetap terdepan dan tetap waspada dalam memantau kemajuan teknologi. Pendekatan proaktif ini memastikan kemampuan negara untuk secara efektif memenuhi tanggung jawabnya dalam mengatasi potensi ancaman.

“Oleh karena itu, saya minta kepada Saudara-saudara untuk terus belajar, menempa kemampuan dan keahlian, menguasai pengetahuan dan teknologi, dan terus berinovasi,” kata Jokowi saat menyampaikan amanat selaku Inspektur Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri Tahun 2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Dalam upacara peringatan pelantikan 833 perwira baru TNI dan Polri, Jokowi menegaskan bahwa mereka telah menempuh perjalanan pengabdian yang nyata. Tujuan utama mereka adalah untuk menunjukkan kompetensi dan komitmen yang teguh untuk memenuhi tanggung jawab mereka melayani masyarakat, bangsa, dan negara.

Menjaga stabilitas keamanan nasional, menjaga keutuhan NKRI, dan menegakkan warisan kepemimpinan nasional bukanlah prestasi kecil bagi perwira muda TNI dan Polri.

“Saudara-saudara akan menghadapi situasi yang sangat berbeda. Dunia mengalami perubahan yang sangat cepat, disrupsi teknologi yang sangat pesat, geopolitik yang sangat dinamis saat ini, yang (semuanya) harus disikapi secara tepat dan cepat,” tegasnya.

Untuk itu, dia meminta agar calon perwira TNI dan Polri berupaya menjadi teladan bagi masyarakat. Hal ini dapat dicapai dengan menjunjung tinggi prinsip integritas, mewujudkan standar etika dan nilai-nilai prajurit, serta secara konsisten berada di garis depan dalam memberikan bantuan kepada masyarakat luas.

Jokowi menyampaikan keinginannya agar TNI dan Polri dapat meningkatkan kolaborasi, meningkatkan saluran komunikasi dan interaksi, serta sering berkolaborasi dalam mengatasi tantangan bersama.

Selain itu, ia sangat bangga dengan pelantikan para perwira muda yang menjanjikan di TNI dan Polri.

“Saya turut bangga terhadap prestasi putra dan putri, Bapak, Ibu. Mereka bukan hanya kebanggaan Bapak, Ibu sekalian, Mereka juga kebanggaan bangsa Indonesia,” katanya.

Mengakhiri pidatonya, Jokowi mengimbau para perwira muda untuk mewujudkan nilai-nilai konstitusi dan menaati peraturan yang telah ditetapkan sesuai dengan jabatannya.

“Buatlah orang tuamu bangga, buatlah bangsamu bangga. Kehormatan bangsa dan negara kini di pundak kalian semuanya. Rawat, jaga, dan harumkan,” ujar Jokowi.

Dalam Upacara Prasetya Prasetya TNI-Polri 2023 ini, total 833 Perwira Muda resmi dilantik di dua lembaga tersebut. Ini termasuk 357 perwira Angkatan Darat (AD), 94 perwira Angkatan Laut (AL), 114 perwira Angkatan Udara (AU), dan 268 perwira Polri.

Jurnalis: Dewo