JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Tahunan MPR dan sidang bersama DPD dan DPR 2023 di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023) pagi.

Jokowi yang tiba sekitar pukul 08.38 WIB tampak mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku.

“Bapak Presiden menggunakan baju adat dari daerah Tanimbar Maluku,” Kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Rabu (16/8/2023).

Presiden Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi yang mengenakan kebaya.

Diketahui, Sidang Tahunan MPR digelar sebagai bagian acara perayaan HUT ke-78 RI. Dalam acara ini, Jokowi dan para pimpinan DPR dan MPR akan membacakan pidato tahunan perayaan HUT RI.

Presiden Jokowi akan menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Pertama, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR serta sidang bersama DPR dan DPD 2023 yang akan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebelum Presiden Jokowi menyampaikan pidatonya, Sidang Tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD 2023 akan terlebih dahulu dibuka oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk kemudian dilanjutkan dengan pidato pengantar sidang bersama DPR dan DPD oleh Ketua DPD La Nyala Mattalitti.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Selanjutnya, Presiden Jokwoi akan menyampaikan pidato pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2023-2024 yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB. Agenda ini dibuka oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Presiden Jokowi akan berpidato dalam rangka penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2024 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet memastikan kesiapan MPR menyelenggarakan Sidang Tahunan MPR 2023 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan sidang bersama DPR dan DPD.

“Berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR RI untuk memastikan agenda Sidang Tahunan MPR 2023 berjalan sukses. Antara lain melalui rapat pimpinan MPR RI pada 8 Agustus 2023 dan pertemuan konsultasi dengan Presiden RI pada 9 Agustus 2023. Untuk memantapkan persiapan, gladi bersih penyelenggaraan sidang akan dilaksanakan pada Selasa, 15 Agustus 2023, pukul 13.00 WIB di Gedung Nusantara MPR RI,” kata Bamsoet dikutip dari laman MPR.

Sidang tersebut, kata Bamsoet, akan dihadiri oleh sekitar 1.549 undangan. Para undangan terdiri dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR/DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri. Selain itu hadir juga, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan, dan perwakilan teladan dari seluruh nusantara.

Jurnalis: Agung Nugroho