JAKARTA – Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan pembinaan strategi komunikasi ke berbagai Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan (Kantah) di daerah.

Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan yang sama, yakni menyebarluaskan informasi penting serta menjaga citra positif instansi.

Strategi komunikasi ini disampaikan kepada jajaran satuan kerja di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Tengah, pada Kamis (12/10/2023).

Hadir secara daring, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL) Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Risdianto Prabowo Samodro, Kepala Subbagian Media Center, Nur Adhani, serta Kepala Subbagian Pemberitaan dan Publikasi, Arie Satya Dwipraja.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bagian PHAL, Risdianto Prabowo Samodro menyebutkan beberapa produk humas yang dapat dipublikasikan masing-masing satuan kerja, misalnya siaran pers, infografis, dan video.

Dalam hal ini, Biro Humas akan mendukung sarana yang menunjang kegiatan humas di daerah.

“Diharapkan Kanwil dan Kantah mampu memproduksi siaran pers, infografis dan video sendiri. Ini juga perlahan kami akan melakukan pembinaan, benchmarking, bagaimana business process yang dilakukan di pusat dapat dilakukan di Kanwil dan Kantah,” ungkap Risdianto Prabowo Samodro.

Setelah produksi dan publikasi, selanjutnya Humas Kanwil dan Kantah dapat membangun relasi bersama media serta stakeholder ataupun mitra dari luar satuan kerja.

Sebagaimana yang telah dilakukan saat ini oleh Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Tengah dengan Dinas Kominfo.

“Sangat memungkinkan suatu kemitraan dapat membantu publikasi. Jangan berhenti sampai diproduksi dan di- upload di media kita sendiri, tapi kita sebarkan melalui WhatsApp, Telegram, dan yang lainnya. Kami berharap teman-teman di daerah secara kehumasan kuat dengan mekanisme yang bisa kita salurkan, benchmarking yang sudah dilakukan di pusat. Kami juga akan terus melakukan pembinaan bagaimana memasifkan konten dan pemberitaan,” terang Risdianto Prabowo Samodro.

Adapun Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Tengah dalam monitoring evaluasi pengelolaan media sosial berada di urutan ke-25, di mana kinerja terbaik jatuh kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Parigi Moutong dengan nilai 3,125.

Biro Humas memberikan rekomendasi agar admin media sosial dan humas satuan kerja meningkatkan produksi, posting dan repost konten Kementerian ATR/BPN.

Jurnalis: Agung Nugroho