JAKARTA  – Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah berkirim surat kepada Kementerian PANRB untuk pembentukan Polres ataupun Polresta di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu dikatakan Menpan RB Anas saat ditemui oleh Indonesia Parlemen usai usai acara ASN Culture Festival 2023 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023).

“Maka pihaknya akan mengkaji terkait dengan apakah Polres atau Polresta yang berada IKN. Itu sedang dikaji oleh Kementerian PANRB,” ujar Anas.

Anas mengatakan Kementeria PANRB sudah menstimulasikan seluruh Kementerian atau Lembaga yang akan pidah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kemenpan RB juga sudah mensimulasikan eselon I, dan II disetiap Kementerian/Lembaga siapa saja, bidang apa saja yang akan pindah ke IKN. Apabila sudah ketemu angkanya dan simulasinya juga sudah benar. Tinggal persiapan tempatnya saja disana,” ujar Anas.

Untuk simulasinya, kata dia, mulai dari 12.500, 3.000, hingga simulasi 6.000 ASN sudah dipersiapkan.

“Perkiraan dari Kemenpan RB bulan Juli 2024 sudah ada perpindahan ke IKN, nanti juga sudah ada instentif indeks kemahalan. Begitu juga insentif keluarga yang sedang disempurnakan konsepnya, anggarannya sudah ada tinggal jumlah dan kesiapannya berapa angkanya,” tandas Anas.

Jurnalis: Agung Nugroho