JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut proyek MRT Fase 2 dari Bundaran HI-Ancol diharapkan beroperasi pada 2027. Saat ini proses pembangunan MRT Fase 2A dari Bundaran HI hingga ke kawasan Kota telah mencapai 28,4%.

“Jadi untuk Fase 2A dari Bundaran HI menuju ke kota dari target perencanaan 27%, sekarang sudah mencapai 28,4%, sudah melebihi target. Saya kira bagus, dan kita harapkan berfungsi nanti 2027,” kata Jokowi seusai meninjau proyek pembangunan MRT Fase 2A di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Jokowi menyebut pembangunan terowongan MRT di kawasan 2A sudah selesai, sehingga pekerjaan akan diteruskan ke Fase 2B dari Kota menuju Ancol

“Ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus bekerja di dalam keramaian Jakarta. Pekerjaan di bawah waktu membuat tunnel terowongannya juga bukan sesuatu yang gampang. Namun, ini  progres-nya sudah di atas target,” jelasnya.

Jokowi juga berharap pembangunan fase berikutnya akan diteruskan, termasuk rencana pembangunan MRT dari kawasan timur menuju barat Jakarta. Hal ini demi mengintegrasikan sistem transportasi massal di Jakarta.

“Semuanya masih dalam proses dan segera diputuskan. Ketika hitung-hitungan, kalkulasi studi-nya sudah rampung semua, langsung kita putuskan. Memang Jakarta membutuhkan transportasi massal yang terintegrasi, bukan sendiri-sendiri,” kata Jokowi.

Jurnalis: Dewo