JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai perjalanan ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024) untuk meresmikan sejumlah fasilitas publik, termasuk terminal dan jembatan.

Rombongan Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo berangkat dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, menggunakan helikopter Super Puma TNI AU pada pukul 06.35 WIB.

Setelah mendarat di helipad GOR Sarwo Edhie Wibowo, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke pasar setempat untuk mengecek harga kebutuhan pokok.

Rencananya, setelah itu, Presiden akan meresmikan empat terminal sekaligus, yaitu Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar.

Selanjutnya, kepala negara akan mengunjungi Kabupaten Cilacap untuk meninjau tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) RDF Jeruklegi. Presiden juga akan memeriksa persediaan beras dan mendistribusikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Bulog Gumilir.

Selain itu, Presiden juga akan menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat di Gedung Tenis Indoor Premium Pertamina. Selanjutnya, pada siang hari, Presiden akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Banyumas untuk meresmikan jembatan Tajum Margasana bersama dua jembatan lainnya, yaitu jembatan Tajum Karangbawang dan jembatan Jurug B Surakarta-Karang Anyar.

Pada sore harinya, Presiden Jokowi dijadwalkan memberikan pembinaan kepada para petani se-Provinsi Jawa Tengah di GOR Satria.

Jurnalis: Dewo