JAKARTA – Menteri Pendayaagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menerima kunjungan kerja dari Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Budi Arie terkait soal Tim Digital Indonesia “GovTech” di Kementerian PANRB, Jakarta Rabu (3/1/2024).

Menteri Azwar Anas mengarakan bahwa adanya GovTech sangat penting bagi pemerintahan Indonesia minggu depan akan dibahas di rapat terbataa (Ratas) kabinet di Istana

Azwar Anas mengatakan pertemuan tersebut digelar usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan koordinasi dan salah satunya dengan Kominfo sebagai sesama pembina tim koordinasi pemerintah berbasis elektronik.

“Kita berbagi siapa mengerjakan apa dalam waktu dekat. Bagaimana Perpres 82 tentang Goverment teknologi dan Indonesia memasuki babak baru karena kita punya GovTech yang akan dioperasionalkan dalam waktu dekat,” pungkas dia.

Sementara itu disisi lain Menkominfo Budi mengucapkan terima kasih bahwa transformasi digital di Indonesia merupakan keniscayaan.

“Sehingga e-Government ini atau pemerintahan digital ini jg harus diwujudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena intinya negara dan pemerintah ini kan harus melayani masyarakat dengan kemajuan teknologi digital mewajibkan kita semua jg hrs melakukan adaptasi,” ujar Budi Arie.

Dia mengatakan penyesuaian dalam cara kerja dan berpikiran serta bekerja pemerintah negara dalam melayani masyarakat terutama soal transparansi, akuntabilitas, dan kecepatan.

“Supaya masyarakat ini kan dinamikanya semakin tinggi. Terutama dalam beberapa isu-usu strategis SPT pendidikan, kesehatan, dan sebagainya,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho