Foto: ilustrasi

JAKARTA – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri tengah menyelidiki kasus dugaan penipuan yang mengatasnamakan Satuan Tugas (Satgas) Oksigen Relawan Siaga. Polisi telah memeriksa sejumlah saksi.

“Kemarin sudah dilakukan pemeriksaan,” kata Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto saat dihubungi, Rabu (14/7/2021).

Dia menjelaskan, saksi-saksi itu berasal dari Relawan Siaga. Namun, dia belum membeberkan identitas relawan tersebut, termasuk hasil pemeriksaan.

“Sedang kita dalami,” kata Pipit.

Sebelumnya beredar poster digital yang mengatasnamakan Satgas Oksigen Relawan Siaga beredar di dunia maya. Satgas itu mengaku bisa menjemput dan mengisi tabung oksigen dengan gratis di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kendati demikian, akun Instagram @relawan_siaga membantah kabar tersebut. Dalam unggahannya, Relawan Siaga menyesalkan informasi itu viral di media sosial.

Untuk itu Relawan Siaga mengaku memang sedang menyiapkan Satgas Oksigen. Namun, tim itu belum diresmikan. Satgas Oksigen Relawan Siaga dipastikan belum bergerak di lapangan.

“Apabila ada oknum tertentu melakukan pengambilan tabung oksigen, kami pastikan hal tersebut bukan dari Relawan Siaga. Untuk itu mohon untuk tidak ditanggapi,” tulis Relawan Siaga.