OGANILIR – Percobaan penipuan dengan modus membeli barang dengan sistem cash on delivery (COD) dialami oleh warga Tanjung Raja, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Suharmawinata mengaku mendapat pesan whatsapp dari nomor tak dikenal yang menawarkan tabung gas elpiji seharga Rp 140.0000 per tabung.

Tertarik dengan barang yang ditawarkan, kemudian dia memesan sebanyak 100 tabung dengan sistem pembayaran COD diantar ke alamat rumahnya.

“Si penjual menghubungi saya kalau 100 tabung gas sudah dalam perjalanan dengan mengirimkan video mobil truk pengangkutnya,” kata Suharmawinata kepada Indonesiaparlemen.com, Minggu (1/10/2023).

Sebelum barang datang, terduga pelaku mengirimkan foto nota dan nomor rekening serta menyuruh untuk mentranfer uang sejumlah Rp 14.000.000 yang memrupakan kalkulasi dari pembelian tabung gas.

“Sebelum transfer saya memastikan apa mobil sudah sampai di rumah. Setelah mobil sampai, ternyata kosong tidak ada tabung gas yang di bawa seperti yang di informasikan si penjual,” ujar dia.

Beruntung, Suharmawinata belum melakukan transfer uang seperti yang diminta penjual tersebut. Atas kejadian yang dialami, dia lantas melaporkannya ke Polsek Tanjung Raja.

“Kemudian polisi membawa supir truk beserta kendaraan ke kantor Polisi untuk dimintai keterangan,” ucap dia.

Dikonfirmasi, penjual tabung gas yang enggan menyebutkan namanya tersebut menyanggah jika telah melakukan percobaan penipuan terhadap Suharmawinata.

“Maksudnya gimana? nipu gimana? pencemaran nama baik nih,” kata dia dalam pesan whatsapp kepada Indonesiaparlemen.com.

Kapolsek Tanjung Raja AKP Hermansyah membenarkan adanya laporan yang masuk terkait percobaan penipuan dengan modus jual beli tabung gas dengan sistem COD.

“Laporan belum tertulis, dugaan percobaan penipuan untuk pelapor belum ada kerugian yang dialami dan masih proses penyelidikan,” ucap dia.

Jurnalis: Angie